Minggu, 03 Januari 2021

GUGUS DEPAN UNGGUL

 



MENUJU GUGUS DEPAN UNGGUL


         Gugus depan unggul merupakan pusat pendidikan bagi peserta didik pramuka yang melaksanakan pendidikan kepramukaan sesuai dengan tata aturan gugus depan. Kegiatan pendidikan dalam gugus depan dijalankan oleh anggota pramuka dewasa sebagai pengelola gugus depan dan anggota pramuka muda sebagai peserta didik. Sebagai pengelola gugus depan anggota dewasa memiliki tugas masing masing sesuai hasil keputusan musyawarah gugus depan. Ada yang menjabat sebagai Mabigus, Pembina gugus depan, pembina satuan dan pembantu pembina satuan. Keunggulan gugus depan dapat dilihat dari beberapa hal yaitu: Unggul SDM, Unggul manajemen dan administrasi, Unggul dana, sarana dan prasarana, Unggul Kegiatan, Unggul proses, Unggul prestasi, dan Unggul kemitraan.

        Keunggulan SDM ditandai adanya pengelola gugus depan yang kreatif, inovatif dan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. Bentuk keunggulanya diperankan oleh masing masing pengelola gugus depan yaitu:

 Mabigus

Mabigus harus memikliki SK Mabigus dari Kwartir Ranting, mempunyai program kerja serta memiliki kenerja yang baik dalam hal bimbingan, partisipasi dan dukungan terhadap kegiatan gugus depan. Program kerja mabigus dibuktikan dengan adanya dokumen program kerja mabigus.

 Pembina Gugus Depan

Pembina gugus depan telah mengikuti dan lulus KML, memiliki program gugus depan, melaksanakan latihan rutin, menguji SKU dan SKK, melantik peserta didik, menyajikan kegiatan membina yang inovatif, aktif dalam karang pamitran, dan mampu mengelola gugus depan dengan baik.

 Pembina Satuan

Telah Lulus KML, membina sesuai dengan kemahirannya, menguji SKU dan SK, tertib administrasi, melaksanakan latihan mingguan dengan inovatif, aktif dalam karang pamitran dan aktif belajar mengembangkan diri.

           Keungulan manajemen dan administrasi ditandai dengan adanya pelaksanaan manajemen yang sesuai dengan aturan orgaisasi gugus depan secara sistematis dan dinamis. Administrasi dijalankan sesuai dengan tata administrasi kwartirnya, tertib, terdokumentasi dan mendukung terlaksananya kegiatan gugus depan. Keungulan manajemen dan administrasi ini meliputi aspek musyawatarah gugus depan, pogram gugus depan, persuratan dan pengadministrasian peserta didik.

           Keunggulan dana, sarana dan prasarana dapat dilihat dari kebutuhan dana yang dapat terpenuhi, sarana yang lengkap, prasarana yang menunjang. Dana dikelola dengan baik dan dapat dipertanggung jawabkan, bersumber dari mabigus, peserta didik, tokoh masyarakat dan kegiatan yang menguntungkan. Memiliki sarana yang lengkap seperti kantor gudep dan kelengkapannya, sanggar, peralatan latihan yang sebanding dengan jumlah peserta didik. Prasarana gudep sesuai dengan kebutuhan kegiatan peserta didik, seperti halnya adanya tempat berlatih yang memadai.

          Keunggulan kegiatan ditandai adanya kegiatan yang memenuhi persyaratan manajemen kegiatan. Manajemen kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanan, evaluasi, dampak kegiatan, kegiatan rutin, kegiatan inovatif dan keterlibatan peserta didik.

          Keunggulan proses ditandai dengan terlaksananya pembinaan yang paripurna melalui pencapaian SKU dan SKK, latihan rutin, pembiasaan diri dan pelaksanaan pelantikan sebagai pengukuhan atas kecakapan peserta didik. Kegiatan harus dikembangkan berdasarkan tuntutan pencapaian SKU, SKK dan SPG, tuntutan perkembangan zaman dan perkembangan peserta didik.

           Keunggulan prestasi ditandai banyaknya prestasi yang diraih baik secara kelembagaan maupun secara perorangan. Prestasi kelembagaan ditandai adanya penghargaan yang diperoleh atas nama gugus depan baik berupa tropi maupun sertifikat, uang maupun batrang. Prestasi perorangan ditandai adanya peserta didik maupun pengurus gugus depan yang berprestasi secara perorangan dalam mengikuti suatu perlombaan.

           Keunggulan kemitraan ditandai adanya kerjasama yang positif baik secara intra maupun ekstra. Kemitraan ini dilakukan dalam rangka memperkuat peran gugus depan sebagai lembaga dan pusat pendidikan. Hasil kemitraan bisa berupa barang maupun kegiatan. Gugus depan yang unggul haruslah mempunyai kemitraan yang luas dan banyak.

 Anggota Dewasa memiliki peran yang sangat urgen dalam mewujudkan gugus depan unggul. Anggota dewasa harus bisa mejadi suri tauladan dalam menjalankan fungsi dan tugasnya masing masing pada gugus depan yang dibinanya. Cara strategis untuk mewujudkan gugus depan yang unggul yaitu dengan memahami dan mengimplementasikan instrumen pengembangan gugus depan yang telah dicetuskan oleh Kwartir Nasional. Instrumen ini merupakan pedoman bagi gugus depan  dalam menjalankan kegiatannya agar lebih terarah dan menjadikannya lebih maju.

 Sebagai pengelola gugus depan anggota dewasa diharuskan beusaha meningkartkan kwalitas sumber dayanya  dalam usaha mewujudkan gugus depan yang unggul. KMD dan KML merupakan syarat wajib yang pertama harus dilakukan. Selain itu Pembina dan pengampu gugus depan dapat mengembangkan wawasannya dalam rangka memperoleh pengetahuan dan skill  yang lebih, dengan mengikuti berbagai kursus-kursus maupun pelatihan-pelatihan yang bermanfaat bagi pengembangan dirinya dan gugus depan, diantaranya: Kursus Pengelolaan Gugus depan, Kursus Ketrampilan Kepramukaan,  mengikuti kegiatan Karang Pamitran, aktif dalam kegiatan Gelang Ajar, dan kegiatan- kegiatan lainnya.

 

6 komentar:

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan

 
Lisence by Mohib Asrori | Copright | 2020